Struktur
organisasi adalah sebuah susunan atau pola dimana pekerjaan itu dibagi-bagi
atau dikelompokan secara formal. Yang bertujuan agar menetapkan pola hubungan
antara beberapa komponen sehingga mencapai sasaran atau hasil yang efektif.
Berikut adalah ketiga dimensi
struktur organisasi :
- Kompleks
Mempertimbangkan
tingkatan diferensiasi yang ada dalam organisasi termasuk didalamnya tingkat
spesialisasi atau tingkat pembagian kerja, jumlah tingkatan didalam hirarki
organisasi serta tingkat sejauh mana unit-unit organisasi tersebar secara
geografis.
- Formalisasi
Yaitu
sejauh mana organisasi menyandarkan dirinya pada peraturan dan prosedur untuk
mengatur perilaku dari pada pegawainya.
- Sentralisasi
Dimana
sebuah tingkatan pengambilan keputusan dikonsentrasikan hanya pada satu titik
tunggal didalam organisasi.
Elemen-elemen
struktur organisasi :
- Spesialisasi pekerjaan,
- Departemenentalisasi,
- Rantai komando,
- Rentang kendali,
- Sentralisasi dan Desentralisasi,
- Formalisasi
DEPARTEMENTALISASI
Departementalisasi adalah proses
penentuan cara bagaimana kegiatan yang dikelompokkan. Beberapa bentuk
departementalisasi sebagai berikut :
1. Fungsi
2. Produk atau jasa
3. Wilayah
4. Langganan
5. Proses atau peralatan
6. Waktu
7. Pelayanan
8. Alpa – numeral
9. Proyek atau matriks
- Departementalisasi Fungsional
Departementalisasi fungsional
mengelompokkan fungsi – fungsi yang sama atau kegiatan – kegiatan sejenis untuk
membentuk suatu satuan organisasi.
- Departementalisasi Divisional
Pembagian departemen atau unit pada
struktur organisasi dapat dibagi menjadi 3 (tiga) macam :
- Departementalisasi Menurut Fungsi
- Departementalisasi Menurut Produk / Pasar
- Departementalisasi Organisasi Matrix / Matriks
Model-model Desain Organisasi
- Model desain struktur organisasi
Ada dua model ekstrem dari desain
organisasi :
- Model mekanistis, yaitu sebuah struktur yang dicirikan oleh departementalisasi yang luas, formalisasi yang tinggi, jaringan informasi yang terbatas, dan sentralisasi.
- Model organik, yaitu sebuah struktur yang rata, menggunakan tim lintas hierarki dan lintas fungsi, memiliki formalisasi yang rendah, memiliki jaringan informasi yang komprehensif, dan mengandalkan pengambilan keputusan secara partisipatif.
Faktor penentu struktur organisasi
- Strategi
- Ukuran organisasi
- Teknologi
- Lingkungan
Implikasi Manajerial desain dan
struktur organisasi
Implikasi
manajerial desan dan struktur organisasi sangatlah penting dalam
pengorganisasian karena dapat menghasilkan struktur atau susunan yang
berkualitas didalam suatu organisasi.
No comments:
Post a Comment