Tuesday, April 19, 2016

Contoh Karangan Berdasarkan Sifat

Karangan Deskripsi
Kelinci

Kelinci merupakan hewan mamalia yang berasal dari famili Leporidae. Di Bumi, kita dapat menemukan banyak sekali kelinci, mulai dari daratan Indonesia hingga ke ujung Afrika. Sementara dulunya hewan ini adalah hewan liar yang tinggal di daerah-daerah Afrika dan daratan Eropa.

Nama kelinci berasal dari bahasa Belanda, Konijntje, yang artinya adalah anak kelinci. Dari fakta tersebut, kita tahu bahwa kelinci di Indonesia telah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Hewan ini mempunyai telinga yang panjang. Kedua telinganya bisa mencapai lebih dari 10 cm, dan mungkin saja, telinga yang panjang tersebut merupakan adaptasi dari aktivitas mendeteksi predator. Karena memang fungsi utamanya adalah mendengarkan suara. Melalui telinga yang panjang, kelinci dapat mendeteksi suara dalam jangkauan yang jauh serta akurasi yang tepat. Kemudian, dengan telinga panjangnya pula, mereka mampu menjaga panas tubuhnya ketika masuk ke musim dingin.

Kaki kelinci sangatlah kuat, menggunakan kaki belakangnya, mereka bisa lompat dalam jangkauan yang begitu jauh. Mereka mampu menghentakkan kaki belakangnya sehingga lompatan bisa setinggi satu meter, dan jauhnya hingga tiga meter. Menggunakan kaki belakangnya pula, mereka bisa berdiri sangat tinggi dan mengintai apakah ada predator atau tidak. Kemudian, jika ada predator yang datang, kelinci mulai menggetarkan kaki belakang mereka tersebut, sebagai peringatan kepada teman-teman yang lain.

Di alam liar, kelinci merupakan hewan yang aktif dalam mencari makan. Serat, ya, zat ini adalah komponen paling utama dalam makanan kelinci. Mereka memerlukan serat sebagai penjaga kesehatan pencernaan makanan dan mereka bisa mati akibat kekurangan serat. 

Karangan Eksposisi
Membuat Kue Cubit
Bahan
- 250 gr tepung terigu
- 4 butir telur
- 200 gr gula pasir
- 250 gr mentega cair
- 1/2 sendok teh soda kue
- 1 sendok teh baking powder
- 2 bungkus vanili bubuk
- 200 gr mesis untuk taburan/topping
Cara Membuat
- Kocok telur di wadah, lalu tambahkan gula, mixer sampai rata.
- Kemudian tambahkan tepung terigu, mentega, sambil di aduk hingga rata.
- Tambahkan baking powder, soda kue, vanilla bubuk, aduk hingga rata.
- Ambil adonan yang sudah jadi menggunakan gelas atau botol yang ujungnya lancip (seperti botol saos), agar memudahkan saat penuangan ke cetakan.
- Panaskan wajan cetakan dengan api sedang, tuangkan adonan.
- Tunggu hingga setengah matang, taburkan topping mesis diatasnya.
- Matang siap diangkat, dan disajikan.
 
Karangan Persuasi
Cara Menanggulangi Banjir


Saat musim penghujan, di Indonesia banyak daerah yang mengalami kebanjiran. Banjir dapat disebabkan oleh tersumbatnya aliran air dalam saluran irigasi atau tidak adanya akar sebagai penyaring atau penahan gerusan air tanah. Meskipun demikian, banjir pada dasarnya dapat dicegah dengan beberapa cara. Penanggulangan atau pencegahan banjir dapat dilakukan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, secara rutin dan bersama-sama membersihkan saluran irigasi air, memilih dan memperluas tempat penampungan air dalam ukuran besar.

Dari cara di atas, tidak membuang sampah sembarangan adalah cara paling sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja untuk menanggulangi banjir. Dengan tidak membuang sampah sembarang, aliran air pada saluran irigasi akan tetap berjalan lancar. Selain itu, pemisahan pembuangan sampah berdasarkan jenisnya juga sangat membantu untuk penanggulangan banjir. Jenis sampah plastik perlu waktu sangat lama untuk dapat terurai dalam tanah, sehingga bila banyak sampah plastik yang ada dalam tanah akan menghambat aliran air. Akibatnya, air akan meluap dan terjadilah banjir.

Dengan demikian, marilah kita bersama-sama menjaga lingkungan agar terhindar dari banjir. Buanglah sampah berdasarkan jenisnya pada tempat yang telah disediakan. Dengan membuang sampah dengan benar maka lingkungan akan bersih, sehat, dan terhindar dari banjir. Oleh karena itu agar kejadian banjir ini tidak terulang lagi perlu adanya sikap nyata dari kita untuk menjaga lingkungan.

Karangan Argumentasi
Perilaku Remaja




Perilaku remaja saat ini telah keluar sangat jauh dari nilai – nilai moral yang berlaku di masyarakat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang pertama adalah bebasnya budaya barat yang masuk ke Indonesia. Budaya – budaya yang masuk tersebut ditiru dan dijadikan suatu kebiasaan baru oleh remaja saat ini, sayangnya perilaku – perilaku yang ditiru adalah perilaku buruk dari budaya tersebut, misalnya seks bebas, narkoba dan lain – lain. Faktor yang kedua adalah lemahnya ilmu agama yang dimiliki oleh para remaja. Padahal, ilmu agama sangatlaah berguna karena bisa mengontrol diri untuk menghindari suatu perbuatan yang buruk. Yang terakhir adalah kurangnya pengawasan dari orang tua. Orang tua sangat bertanggung jawab atas perilaku anak – anaknya. Orang tua yang tidak mempedulikan anaknya akan membuat mereka merasa tidak disayangi akhirnya mereka mencari rasa sayang itu di luar. Hal ini lah yang akan membuat mereka terjerumus ke dalam pergaulan yang salah. Akibat dari faktor – faktor tersebut, walhasil perilaku remaja saat ini menjadi bertolak belakang dengan nilai – nilai yang ada.

Karangan Narasi

Liburan

Liburan tahun ini, aku dan ketiga temanku Listy, Yuni, dan Nonnnie berencana untuk berlibur bersama di Paris (Pantai Parangtritis). Kebetulan Yuni rumahnya cukup dekat dengan pantai parangtritis, sehingga kami juga berencdana untuk mampir ke rumahnya. Rencananya, kami akan berangkat ke Paris pada hari senin. Sebelum hari keberangkatan, kami mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, terutama dalam kondisi fisik dan pematangan waktu pemberangkatan. Rasanya kami sudah tidak sabar menunggu datangnya hari H.
Akhirnya, hari yang kami tunggu pun tiba. Aku dan teman-teman berangkat ke paris pagi-pagi. Karena arah ke paris melewati rumah Yuni, maka kami memutuskan untuk mampir ke sana dulu, sekedar untuk meniotipkan barang-barang yang tidak perlu kami bawa. Setelah singgah sebentar di tempat Yuni, kami melanjutkan perjalanan ke paris. Jarak dari rumah Yuni ke Paris hanya kami tempuh kurang dari 10 menit. Sesampainya di paris, kami langsung bermain-main air, melepaskan kepenatan selama satu semester belajar di kampus. Kami bermain-main air, bermain-main pasir, salina kejar-kejaran, dan berfoto-foto ria, mengabadikan persahabatan kami. Ah, indahnya berlibur bersama teman-teman tercinta. Hari ini aku benar-benar bahagia dan bersyukur mempunyai sahabat seperti mereka. Dalam hatiku, aku selalu berdoa pada Tuhan, agar persahabatan kami abadi...Takkan pernah terpisahkan...Amiiin..
Setelah waktu beranjak sore, kami pun bergegas pulang. Sebelum kembali ke rumah masing-masing, kami mampir ke tempat Yuni lagi untuk mengambil barang-barang yang tadi kami titipkan. Menjelang magrib, kami pun pulang. Tentu kenangan indah ini takkan pernah kami lupakan sepanjang hidup kami. Listy, Yuni, Nonnie...sampai kapanpun kalian kan tetap jadi sahabat-sahabat terbaikku. Aku sayang kalian semua...Semoga persahabatan kita abadi...



No comments:

Post a Comment