Thursday, January 7, 2016

Cerpen - Anak SMA

Wow! Fantastis! udah hampir 3 tahun sekolah gak terasa bentar lagi gue UN! Oh My God! gimana caranya coba? iyah, bingungkan? gue juga lagi bingung nih, kok SMA itu kayaknya sebentar banget, sekarang udah mau lulus aja. Lulus?  emang udah pede bilang bakalan lulus? yakin? Puput, selama ini loe tuh kerjanya cuma bolos, telat, nyontek ama Tika dan tidur di kelas! Soal UN itu beda semua perorangannya ! bayangin coba loe mau nyontek ama siapa ? Gejolak batin deh jadinya, begini nih kalau seumur -umur hidup cuma bergatung sama temen. Masa depan galau. Sebenarnya enggak juga sih, kan masih ada papa mama yang orang terpandang, keluarga konglomerat. Kayak gimanapun juga harta kami gak akan habis tujuh turunan.

Beda cerita denganku yang ancur -ancuran begini, Tika itu tuh lebih rapi dalam segala macam hal. Persiapannya udah mateng banget, tahukan cewek perfeksionis yang demennya belajar? Itu Tika. Tapi hari ini dia juga lagi galau, mukanya manyun entah kenapa.

"Nilai gue masak cuma 90 biologi, Nyit!"
Onyit itu gue, sementara Dodi adalah Tika, masih ada Bejo teman kami yang bernama asli Raditya Pratama. Nih sekolah apa kebun binatang sih sebenernya? Dua - duanya.

"Masih tinggi ini, udah donk Nyuk, nilai loe kan masih yang tertinggi di kelas!" hibur gue.
"Tetap aja gue gak terima. Biasanya kan 100." Tangis Dodi sedih. Dia tuh suka emosian kalau sesuatu yang ia mau enggak terwujud, dan biasanya yang paling sering digampar setelahnya adalah Bejo.

Bener aja, setibanya Bejo berada didekatnya, Dodi langsung menerkam cowok manis itu dengan cabikan, tamparan dan makian. Habis deh anak orang dijemek-jemek. Apa salahnya Bejo coba? perasaan ini anak dua gue tahu mereka saling cinta, dan caranya Dodi mengekspresikan cinta itu loh. Mengerikan sekali. Sekilas info aja nih, sebenarnya meskipun saling cinta, Dodi dan Bejo itu enggak pernah jadian. Biasalah, sindrom cewek jenius. Buat Dodi punya pacar atau hubungan itu cuma bikin hidupnya rumit. Kalau dia gak punya pacar hidupnya jadi gampang dibawa kemana-mana. Ribet banget, filosofi hidup yang kebalikan dari punya gue.

"Udah donk, Nyuk. Kasihan Bejo, tuh!" Pisah gue, Dodi masih bernafsunya mencabik - cabik Bejo. Sadis, buat gue ngeri.
"Ia udah donk Nyuk, Ampun!" Teriak Bejo. Dodi tak melepaskan cengkramannya.  Bejo tak bisa bernafas..
"Dodi! berhenti donk! kasihan kan itu si Bejo kesakitan, loe gak punya hati banget sih jadi cewek!"  Teriak gue kesal padanya yang tak mau peduli. Dodi menatapku sangar.
"Apaan sih mulut loe! Ngomong gak pernah mikir memang loe ya, Nyit! Otak loe kemana? Jangan mentang - mentang anak konglomerat, trus loe gak pernah make otak loe!" Balas Dodi dengan nada suara yang lebih tinggi. Sekarang ini semuanya lagi pada sensi. Bejo cuma melongo takut dicakar. Sementar gue mulai tersinggung.
"Kok jadi kalian sih yang berantem? Udah donk, udah!" Sahut Bejo.

Gue terlanjur panas dengan omongan Dodi. Emang bener sih gue kayak gitu, tapi enggak gitu juga kali. Sakit banget hati gue. Sahabat sendiri menyayat hati dengan omongan nyeletuk begitu. Gue pengen jambak rambutnya Dodi sampai rontok.

"Emang dasar! nyesel gue jadi temen loe! Gak ada gunanya kita sahabatan!" Teriak gue lagi.
"Fine! apa sih yang loe bisa, Nyit? Anak mami kayak loe gini! Cuma ngandelin orangtua kaya doank! gak temenan ama loe juga gak rugi." Asli Dodi ngomongnya pedas banget.

Kami jambak-jambakan. Dengan ngotot gue sekuat tenaga mau bikin rambut sih Dodi belagu ini rontok, Bejo yang berusaha melerai harus gugur di tengah - tengah pertengkaran kami. Bekas tamparan nyasar yang melayang dipipinya. Sekali lagi bukan salah kami. Cerita ini berlanjut hingga ke ruang BK.

Gak tahu kalo endingnya bakalan gini. Biasanya gue dan Dodi memang sering banget berantem, tapi seringnya juga baikan enggak lama dari hari itu juga. Kali ini beda, udah dua hari dan kami enggak cakapan samasekali. Minta maaf duluan? No way ! harga  diri tau! Sekarang ini gue lagi pengen buktiin ke Dodi kalo gue juga jenius, emangnya dia doank? Gue bakalan sering nanyak, sering cari perhatian guru, dan gue bakalan ikut bimbel. Yah, meskipun udah agak telat, tapi gue bakal bersaing dan jadi yang paling pinter! Wow, kaget kan loe? ini nih harinya gue akan mencuri perhatian semua mata di kelas. Termasuk si Dodi belagu itu.

"Kamu, iya, Puput Melati. Kamu mau jawab?" tanya pak Rano ketika melihat gue antusias mengangkat telunjuk dengan mantap.
"Iya, pak." Suara bulat gue mencuri perhatian semua orang di dalam kelas. Inilah saatnya untuk unjuk gigi kepada mereka.
"Oke Puput, Siapakah penemu Listrik?" Tanya pak Rano.
"Itu mah gampang pak, semua orang juga tahu jawabannya." cetus gue enteng.
"Oke, siapa?" Sodornya lagi.
"PLN, pak." Jawab gue dengan penuh percaya diri. Semua orang tertawa.  Kelihatan jenius apanya, gue malah semakin terlihat dodol. Jawaban konyol yang berakhir penyesalan seumur hidup. Ini tuh udah kelas berapa? kok loe gak tahu sih penemu listrik siapa, lontaran olok-olokan temen sekelas gue yang membuat hati gue sedih. Separah itukah? Gue manusia paling dodol sedunia?

Hidup gue rasanya hampa. Dodi musuhin gue, Bejo juga ikut- ikutan jauhin gue, karena Dodi nih pasti. Gue harus gimana? masa harus melalui banyak hari tanpa mereka? hampa banget rasanya. Telpon pacar niatnya curhat, eh malah diketawain. Gue butuh seseorang yang mengerti gue! gue ini jenius! gue sedih dengan omongan orang-orang yang bilang gue anak yang ngandelin orang tua doang.

"Nih buat loe." Dodi tiba-tiba nimbul dan membagikan selembar kertas brosur berwarna biru. Gue pahami kemudian itu adalah brosur bimbel.
"Ini maksudnya apaan? loe udah gak marah lagi sama gue?" tanya gue heran.
"Ya enggak lah, lagian loe kan tahu gue orangnya sensian, ngapain pake diambil hati sih? itu tuh, Gue, Elo, ama Dodi, kita ikut bimbel aja, barengan, yuk!" Ajaknya antusias.
"Iya, gue mau dong. Kapan mulainya nih?" Dengan semangatnya gue menyambut ajakan Dodi.
"Minggu depan mulai aktif belajar. Jangan telat ya, Nyit !" Pesannya.
"Oke. Makasih ya. Sekalian gue mau minta maaf yang kemarin." Terang gue merasa bersalah.
"Lupain aja deh. Itu juga salah gue kok. Maafin gue juga ya?" Pintanya tulus.
"Gak mau kalo loe belum nerima cintanya Bejo." Jawab gue menggoda sambil tetrtawa. Dodi hanya membisu. Seperti biasa ia menggelengkan kepalanya. Apa artinya itu? hanya dia dan Tuhanlah yang tahu.

Setelahnya semua kembali menjadi normal seperti sedia kala. Gue, Dodi, Bejo dan persahabatan kami. Gue jadi rajin ke sekolah, rajin telat juga sih. Eits! Tapi setidaknya ada yang berubah loh. Kalau dulu itu gue telat itu setiap hari, sekarang telat seminggu dua kali. Dan tahu gak sih? Gue jadi rajin belajar ! rajin ikut bimbel juga. Walaupun endingnya modus, pengen ngelihat tentor bimbel yang cakep - cakep. Terakhir gue bukan meratiin papan tulis, malah muka si mas - mas tentor yang ganteng. Ada yang salah? Beneran gue salah! Tapi namanya juga anak SMA.

No comments:

Post a Comment