Friday, October 25, 2013

2,8 Juta Lansia Indonesia Telantar

TEMPO.CO, Bogor - Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri mengungkapkan, orang lanjut usia yang telantar di Indonesia tercatat ada 2,8 juta. Sejumlah hal menjadi penyebab masalah ini.

"Karena faktor ekonomi, gaya hidup, ataupun budaya," kata Salim di Bogor, Minggu, 26 Mei 2013. Dia mengungkapkan itu terkait Hari Lanjut Usia Nasional yang bakal jatuh pada 29 Mei mendatang.

Menurut dia, jumlah lansia telantar tersebut merupakan bagian dari sekitar 18 juta penduduk berusia lanjut. Sedangkan jumlah lansia rawan telantar 4,6 juta orang.

Salim mengakui pemerintah punya keterbatasan untuk mengatasi hal tersebut. Namun permasalahan kesejahteraan sosial yang beragam membutuhkan banyak strategi khusus untuk menanganinya.

Ia mengatakan, kepedulian terhadap orang lanjut usia bukan hanya domain Kementerian Sosial. Semua pihak harus ikut merasa bertanggung jawab atas kesejahteraan lansia.

Dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional, Kementerian Sosial melakukan beberapa program. Program itu antara lain bedah rumah lansia yang tahun ini ditargetkan mencapai 1.000 rumah, program asuransi lanjut usia bagi 26.500 lansia di seluruh Indonesia, bantuan bagi 12.500 lembaga kesejahteraan sosial, termasuk untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja sosial.

sumber : http://www.tempo.co/read/news/2013/05/26/173483297/28-Juta-Lansia-Indonesia-Telantar

No comments:

Post a Comment